on the show

on the show
Lagi Conduct

Selasa, 18 Maret 2008

Membuat Music score with Sybelius

Music Score adalah sebuah komposisi musik yang ditulis dalam not balok. yang bisa terdiri dari berbagai macam alat musik tergantung dari formatnya.
contoh format adalah band, big band, orkestra, ansamble bahkan choir.
saya pernah membuat untuk berbagaimacam format. hal itu yang akan saya sharingkan kali ini.

keuntungan jika musik kita dapat dibuat score/ notasi baloknya adalah bahwa musik kita dapat didokumentasikan dengan rapi dan dapat dimainkan oleh orang lain. keuntungan komersial jika kita dapat menerbitkannya dalam sebuah buku.

seorang musisi senior yang sudah berumur lanjut yaitu N simanungkalit telah beberapa kali meminta tolong saya untuk menuliskan karya2 beliau yang sudah diciptakan lebih dari 10 tahun lalu kedalam komputer, untuk diterbitkan dalam sebuah buku kumpulan lagu N simanungkalit (dapat di cari di gramedia)

dari pengalaman itu apa tidak mungkin untuk musisi2 yang masih muda dan aktif menabung lagu2 untuk hari tuanya.....investasi neh!

Jaman dulu orang-orang hebat seperti beethoven mozart dsb membuat coret2an yang akhirnya menjadi notasi balok yang dipakai sekarang hanya bermodal otak dan imajinasi (huabat bgt)

tetapi beruntung kita yang hidup di era IT, ada berbagai macam alat bantu yang sangat memudahkan. ada beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat arransemen musik menjadi musik score yang dapat dimainkan oleh orang lain.

software itu adalah sybelius (yg paling saya kuasai) finale, encore (paling kuno he he he), score writing itu yang saya tahu.

semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. tambahan..

    ada DP (digital performer) khusus mac yg keren abis katanya..

    BalasHapus
  2. piano_brian88 dia yg jago pake ini loh....

    BalasHapus